Psak 22

Dalam suatu akuisisi, jika nilai wajar aktiva dan kewajiban atau harga beli purchase consideration hanya akan Psak 22 ditentukan pada akhir periode akuisisi dilaksanakan, hal tersebut harus diungkapkan beserta alasannya.

Pengeluaran yang terjadi sehubungan dengan penyatuan kepemilikan harus diakui sebagai beban pada periode teriadinya. Laporan keuangan suatu Psak 22 tidak boleh memasukkan adanya penyatuan kepemilikan walaupun perusahaan tersebut adalah salah satu pihak yang bergabung, apabila penyatuan kepemilikan terjadi pada suatu tanggal setelah tanggal neraca terakhir yang disajikan.

Untuk suatu penggabungan usaha yang merupakan penyatuan kepemilikan [uniting of interest], pengungkapan tambahan berikut harus dibuat dalam laporan keuangan pada periode terjadinya: Jika biaya perolehan cost of the acquisition lebih rendah dari bagian interest pengakuisisi atas nilai wajar aktiva dan kewajiban yang dapat diidentifikasi yang diakuisisi pada tanggal transaksi, maka nilai wajar aktiva non moneter yang diakuisisi harus diturunkan secara proporsional, sampai seluruh selisih tersebut dieliminasi.

Periode amortisasi goodwill tidak boleh lebih dari 5 tahun, kecuali periode yang lebih panjang tetapi tidak lebih dari 20 tahun dapat digunakan apabila terdapat dasar yang tepat justifiable Psak 22 Saido goodwill yang belum diamortisasi harus dievaluasi pada setiap tanggal neraca, dan apabila terdapat indikasi bahwa jumlah tersebut tidak dapat sepenuhnya atau sebagian dipulihkan recovered dari ekspektasi manfaat keekonomian di masa mendatang, maka bagian jumlah yang tidak dipulihkan tersebut langsung dibukukan sebagai beban pada periode yang bersangkutan.

Goodwill yang timbul harus diakui sesuai dengan Pernyataan ini. Laporan keuangan harus mengungkapkan: Aktiva dan kewajiban yang diakuisisi tetapi tidak memenuhi kriteria pada paragraf 26 untuk diakui secara terpisah pada saat akuisisi dibukukan harus diakui kemudian apabila kriteria tersebut telah dipenuhi.

Biaya perolehan harus disesuaikan apabila kontinjensi yang mempengaruhi harga beli terselesaikan setelah tanggal akusisi, sehingga pembayaran atas jumlah tersebut besar kemungkinan probable terjadi dan jumlahnya dapat diestimasi secara layak.

Jika setelah tanggal akuisisi terdapat penyesuaian atas taksiran nilai wajar tersebut, penyesuaian tersebut harus diungkapkan dan dijelaskan dalam laporan keuangan pada periode terjadinya.

Aktiva dan kewajiban yang diperoleh harus dibukukan secara terpisah pada tanggal akuisisi jika: Suatu penyatuan kepemilikan uniting of interests harus dibukukan dengan menggunakan metode penyatuan kepemilikan pooling of interest methodyang akan dijelaskan pada paragraf 87, 88 dan Aktiva dan kewajiban yang diakui sesuai dengan paragraf 26 harus diukur dengan menjumlahkan: Untuk penggabungan usaha yang terjadi setelah tanggal neraca, harus dibuat pengungkapan sebagaimana dijelaskan pada paragraf 90 — Dalam mengamortisasi goodwill, harus digunakan metode garis lurus, kecuali terdapat metode lain yang dianggap lebih tepat pada keadaan tertentu.

Apabila perjanjian akuisisi memungkinkan dilakukannya penyesuaian atas harga beli yang tergantung pada terjadi tidaknya satu atau lebih peristiwa tertentu di masa yang akan datang, maka jumlah penyesuaian tersebut harus diperhitungkan dalam menentukan biaya perolehan pada tanggal akuisisi, jika penyesuaian tersebut besar kemungkinannya probable akan terjadi dan jumlahnya dapat diperkirakan secara.

Untuk semua penggabungan usaha, pengungkapan berikut harus dibuat dalam laporan keuangan pada periode terjadinya penggabungan usaha: Selisih antara jumlah yang dibukukan sebagai modal saham yang diterbitkan ditambah kompensasi pembelian lainnya dalam bentuk kas ataupun aktiva lainnya dengan jumlah modal Penggabungan usaha melalui akuisisi harus dipertanggungjawabkan dengan menggunakan metode pembelian, sebagaimana diatur pada paragraf 75 Apabila setelah nilai wajar aktiva non moneter sudah diturunkan seluruhnya, ternyata masih terdapat sisa selisih yang belum dieliminasi, maka sisa selisih tersebut diakui sebagai goodwill negatif dan diperlakukan sebagai pendapatan ditangguhkan deferred income dan diakui sebagai pendapatan secara sistematis selama suatu periode yang tidak kurang dari 20 tahun.

Untuk penggabungan usaha yang merupakan akuisisi, pengungkapan tambahan berikut dalam laporan keuangan harus dibuat pada periode terjadinya akuisisi:PSAK Pocket guide – This pocket guide provides a summary of the recognition and measurement requirements of Indonesian Financial Business combinations – PSAK 22 69 Disposals of subsidiaries, business and 73 non-current assets – PSAK 58 Equity accounting – PSAK 15 76 Interests in joint ventures – PSAK 12 Build or buy your very own AK Rifle today with our exclusive Palmetto State Armory PSAK Parts & Complete Rifles.

exposure draft pernyataan standar akuntansi keuangan kombinasi bisnis psak no. 22 (revisi ) ikatan akuntan indonesia pernyataan standar akuntansi keuangan 12 januari accounting for business combinationsfas no statement of sfas no.

financial accounting standards 22 indonesian institute 5/5(1).

PENGANTAR. PSAK 22 tentang Kombinasi Bisnis telah disahkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan pada tanggal 12 Januari PSAK 22 ini merevisi PSAK 22 tentang Akuntansi Pengabungan Usaha yang telah dikeluarkan pada tanggal 7 September Pernyataan ini tidak wajib diterapkan untuk unsur yang tidak material.

Akuisisi Penggabungan usaha melalui akuisisi harus dipertanggungjawabkan dengan menggunakan metode pembelian, sebagaimana diatur pada paragraf 75 Sejak tanggal akuisisi, perusahaan pengakuisisi harus: a) melaporkan hasil usaha perusahaan yang diakuisisi dalam laporan laba ruginya; dan b) melaporkan aktiva dan kewajiban perusahaan yang diakuisisi dalam neracanya serta goodwill .

Download
Psak 22
Rated 4/5 based on 37 review